KERETA API ARGO MURIA

KERETA API ARGO MURIA

KA Argo Muria.jpg

Kereta Api Argo Muria adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Semarang (SMT) dan sebaliknya.

[sunting]
Layanan

Kereta api ini dioperasikan pertama kali pada tanggal 22 Desember 1997. Kereta api ini menawarkan alternatif perjalanan dengan jadwal pemberangkatan pagi hari dari arah Semarang ke Jakarta dan sore hari dari arah sebaliknya.
Diikuti dengan peluncuran KA Argo Muria II pada tanggal 20 Mei 2001 yang menawarkan alternatif perjalanan yang berkebalikan dengan KA Argo Muria I sehingga sejak itu tersedia dua jadwal pemberangkatan kereta api dari Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Gambirmaupun arah sebaliknya. Sekarang KA Argo Muria I sudah berubah nama menjadi KA Argo Sindoro. Sehingga untuk KA Argo Muria yang tersedia hanyalah KA Argo Muria II yang berangkat dari Stasiun Gambir pukul 7.30 sedangkan dari Stasiun Semarang Tawang pukul 16.00.
Argo selain berarti gunung juga merupakan brand image layanan kereta api eksekutif. Kata Muria berasal dari nama gunung (Gunung Muria) yang memiliki ketinggian 1.602 m di atas permukaan laut dan berada di sebelah utara kota Kudus (69 km dari arah kota Semarang). Kawasan gunung ini terkenal dengan berbagai macam satwa langka.
Layanan kereta api yang memiliki kapasitas 350 tempat duduk ini terdiri dari 7 rangkaian kereta kelas eksekutif. Untuk perjalanan yang dilakukan pada siang hari, penumpang dapat menikmati indahnya panorama di pesisir Pantai Utara khususnya antara Pekalongan - Semarang. Rangkaian KA Argo Muria terdiri dari 7-8 kereta kelas eksekutif argo (K1), 1 kereta Makan (M1), dan 1 kereta Bagasi (B) & Pembangkit Listrik (P).
Harga Tiket: Rp. 220.000 - Rp 240.000 (Harga Dapat Berubah Sewaktu-Waktu)

[sunting]
Galeri

KERETA API ARGO DWIPANGGA

KERETA API ARGO DWI PANGGA

Argo Dwipangga9-10.jpg

Kereta Api Argo Dwipangga adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Solo Balapan (SLO) dan sebaliknya.

[sunting]Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 576 km dengan koridor Gambir - Solo Balapan, dalam waktu sekitar 8 jam dan hanya berhenti di Klaten, Yogyakarta, Purwokerto, dan Jatinegara (arah Gambir). Argo Dwipangga dengan kapasitas 350-400 penumpang dan membawa 7-8 rangkaian kereta kelas eksekutif argo menawarkan alternatif perjalanan pada siang hari dari stasiun Gambir ke Solo Balapan dan perjalanan pada malam hari dari arah sebaliknya (berkebalikan dengan alternatif perjalanan yang ditawarkan oleh Kereta api Argo Lawu).

LAYANAN
Pertama kali diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 21 April 1998 menggunakan nama KA Dwipangga. Akan tetapi seiring dengan tuntuan pelanggan yang menginginkan penambahan KA Argo jurusan Jakarta - Solo, maka KA Dwipangga sengaja dimodifikasi untuk layanan kelas eksekutif argo, sehingga brand-nya pun diganti menjadi KA Argo Dwipangga pada tanggal 5 Oktober1998.
Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif dan penamaan Dwipangga memang sengaja dibedakan dengan argo lainnya yang lazim menggunakan nama gunung mengingat nama Dwipangga dirasakan sudah sangat melekat di benak pelanggan. Kata Dwipangga diambil dari sebutan kendaraan Dewa Indra berupa gajah yang setia dan mampu melindungi pengendaranya dalam segala cuaca, sehingga menumbuhkan kebanggaan dan prestise bagi penumpangnya. Rangkaian KA Argo Dwipangga terdiri dari 7-8 kereta kelas eksekutif retrofit (K1), 1 Kereta Makan bermotif batik (KM), dan 1 Kereta Pembangkit Listrik (MP).

[sunting]Jadwal

Jadwal Argo Dwipangga - KA 9 - (Solo Balapan - Jakarta Gambir)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Solo Balapan-20.00
Klaten20.2520.27
Yogyakarta20.5120.56
Purwokerto23.1323.25
Jatinegara04.3404.36
Gambir04.46-
Jadwal Argo Dwipangga - KA 10 - (Jakarta Gambir - Solo Balapan)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir-08.00
Purwokerto12.5112.56
Yogyakarta15.2215.26
Klaten15.5415.56
Solo Balapan16.16-

[sunting]Galeri

[sunting]

KERETA API ARGO JATI

KERETA API ARGO JATI

Argo Jati.jpg

Kereta Api New Argo Jati adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon.[1][2]
Kereta ini diluncurkan perdana pada tanggal 3 November 2010 sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jati.[1] Rangkaian kereta yang digunakan kereta api New Argo Jati adalah bekas rangkaian kereta api Argo Jati yang dihapus pengoperasiannya. Kereta api New Argo Jati berangkat dari stasiun Kejaksan dan hanya berhenti di Stasiun JatibarangStasiun Jatinegara dan mengakhiri perjalanannya diStasiun Gambir.[1]

[sunting]Peluncuran perdana kereta api Argo Jati dilaksanakan pada tanggal 3 November 2010 sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jatiyang merupakan hasil improvisasi/peningkatan dari kereta api Cirebon Ekspress yang diresmikan tanggal 13 Mei 2005, sebagai cikal bakal kereta api Argo Jati dan New Argo Jati.[1] Animo masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya terhadap layanan kereta api kelas eksekutif yang semakin meningkat, sehingga PT. Kereta Api Indonesia (persero) berupaya meningkatkan layanan kelas eksekutif argo dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon. Dengan pola operasi 2 kali PP diawali pemberangkatan awal dari Cirebon di pagi hari kembali dan berangkat lagi ke Jakarta pada siang harinya. Rangkaian kereta api New Argo Jati terdiri dari 6 kereta kelas eksekutif (seperti) pesawat (K1), 1 kereta makan/restorasi (seperti) pesawat bermotif batik (KM), dan 1 Kereta Pembangkit (MP).Peluncuran

[sunting]Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh kereta New Argo Jati ini sangat memanjakan penumpang. Masing-masing kereta dilengkapi dengan informasi petunjuk urutan kereta secara digital. Terdapat pula running text, yang dapat mengetahui kecepatan laju kereta, Stasiun serta tanda waktu. Disediakan bagasi barang yang tertutup layaknya di pesawat terbang. Dan juga ruang bagasi yang luas di ujung kereta guna menyimpan barang-barang yang lebih besar.
New design Cabin yang memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang. Dilengkapi TVAir ConditonerReclining Seat, Stop Kontak, Bagasi yang Aman, Toilet yang bersih serta pelayanan restorasi dengan menggunakan Kereta Makan yang memberikan nuansa khusus dalam perjalanan Cirebon-Jakarta.[2]
Mata penumpang pun dimanjakan oleh tayangan audio video dan TV flat dengan gambar serta suara lebih jernih. Di masing-masing kursi penumpang yang nyaman sesuai ergonomis dan dapat diputar, pada bagian atasnya terdapat lampu baca dan penerangan yang dapat diatur oleh penumpang. Sumber listrik untuk mengisi ulang baterai laptop atau pun handphone juga ada. Jendela penumpang dimodifikasi minimalis dilengkapi dengan tirai tarik, sehingga penumpang merasa lebih terjaga privasinya. Bagi penumpang yang ingin merokok, telah disediakan ruangan khusus di kereta restorasi. Namun, di bordes pun bisa digunakan untuk merokok dan disana telah disediakan kursi kecil sebagai tempat duduk. Toilet yang tersedia di kereta ini pun tidak kalah nyamannya dengan ruang yang lebih luas. Dan yang paling menarik di rangkaian kereta ini, yaitu adanya fasilitas jaringan wifi yang berada di kereta makan dan juga Kereta ini merupakan Kereta Api Ramah Lingkungan dan GO GREEN yang pertama di Indonesia.. Yang memungkinkan penumpang untuk mengakses internet selama perjalanan.

[sunting]Jadwal

Jadwal New Argo Jati - KA 15 - (Cirebon - Gambir)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Cirebon-05.45
JatibarangLs06.16
Jatinegara08.2208.24
Gambir08.34-
Jadwal New Argo Jati - KA 16 - (Gambir - Cirebon)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir-09.00
JatinegaraLs09.09
JatibarangLs11.18
Cirebon11.49-
Jadwal New Argo Jati - KA 17 - (Cirebon - Gambir)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Cirebon-14.00
Jatibarang14.3214.34
Jatinegara16.4316.45
Gambir16.55-
Jadwal New Argo Jati - KA 18 - (Gambir - Cirebon)
StasiunWaktu KedatanganWaktu Keberangkatan
Gambir-17.15
JatinegaraLs17.24
Jatibarang19.3519.37
Cirebon20.09-

KERETA API ARGO WILIS

KERETA API ARGO WILIS
KA Argo Wilis.jpg

Kereta Api Argo Wilis adalah kereta api kelas Eksekutif Argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung (BD) - Surabaya Gubeng (SGU) dan sebaliknya.

Kereta api Argo Wilis dioperasikan pertama kalinya pada tanggal 8 November 1998. Perjalanan sejauh 699 km ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 jam dan selama dalam perjalanan hanya berhenti di Stasiun CipeundeuyTasikmalayaBanjarKroyaKutoarjo,YogyakartaSolo BalapanMadiunKertosono dan Jombang.
Kereta api Argo Wilis merupakan satu-satunya kereta api kelas Eksekutif Argo yang melayani di jalur di luar Jakarta (BD-SGU dan sebaliknya). Kereta api Argo Wilis beroperasi di siang hari, dan untuk perjalanan saat malam hari dilayani Kereta Api Ekspres Malam Turangga, yaitu salah satu kereta api kelas Eksekutif Satwa dengan rangkaian (seperti) pesawat yang beroperasi di luar jalur Jakarta.
Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif unggulan. Kata Wilis diambil dari nama Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 2.169 m dari permukaan laut dan merupakan tataran pegunungan yang panjang dengan puncak tertingginya berada di kawasan Bajulan NganjukJawa Timur.
Rangkaian KA Argo Wilis terdiri dari 4-6 kereta penumpang kelas Eksekutif Argo (K1), 1 kereta makan kelas 1 (M1), dan 1 kereta pembangkit listrik (P). Dengan jumlah kereta yang dibawa, dalam satu kali perjalanan Argo Wilis bisa mengangkut hingga 200 sampai 300 penumpang.

[sunting]Jadwal

Berikut jadwal Kereta Api Argo Wilis menurut revisi Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2011 yang berlaku per 01 Desember 2011:
KA 5 Surabaya Gubeng-Bandung
STASIUNDATANGBERANGKAT
SB. GUBENG (SGU)---07:30
JOMBANG (JG)08:2308:26
KERTOSONO (KTS)08:4308:47
MADIUN (MN)09:4709:55
SOLOBALAPAN (SLO)11:0811:13
YOGYAKARTA (YK)12:0012:05
KUTOARJO (KTA)12:5513:05
KROYA (KYA)14:0514:09
BANJAR (BJR)15:3815:45
TASIKMALAYA (TSM)16:2916:34
CIPEUNDEUY (CPD)17:1617:29
BANDUNG (BD)19:13---
KA 6 Bandung-Surabaya Gubeng
STASIUNDATANGBERANGKAT
BANDUNG (BD)---07:00
CIPEUNDEUY (CPD)08:4408:54
TASIKMALAYA (TSM)09:3609:41
BANJAR (BJR)10:2410:30
KROYA (KYA)12:0312:05
KUTOARJO (KTA)13:0313:08
YOGYAKARTA (YK)13:5514:00
SOLOBALAPAN (SLO)14:4514:50
MADIUN (MN)16:0516:10
KERTOSONO (KTS)17:0617:09
JOMBANG (JG)17:2617:32
SB. GUBENG18:25---

[sunting]Bandung-Bali

Selama ini Argo Wilis sering dipakai sebagai mode transportasi penghubung dari Bandung ke obyek wisata yang ada di Pulau Bali dan sebaliknya. Setiba di Surabaya biasanya penumpang transit di VIP Room Stasiun Surabaya Gubeng untuk kemudian meneruskan perjalalan ke Banyuwangi dengan KA Kereta api Mutiara Timur Malam dan sampai di Banyuwangi pada pagi hari. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan bus PT. Kereta Api (Persero) menuju Denpasar, Bali. Demikian juga sebaliknya, berangkat dari Banyuwangi dengan menggunakan KA Mutiara Timur Malam untuk sampai di Surabaya Gubeng, kemudian transit di VIP Room Stasiun Surabaya Gubeng dan meneruskan perjalanan menuju Jombang,Kertosono, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kroya, Banjar, Tasikmalaya maupun Bandung dengan menggunakan KA Argo Wilis.

KERETA API ARGO PARAHYANGAN

KERETA API ARGO PARAHYANGAN

Argo Parahyangan.jpg

Kereta Api Argo Parahyangan adalah kereta api yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung (BD) - Jakarta (GMR) dan sebaliknya.
Kereta Api ini merupakan kereta api hasil peleburan kereta api Eksekutif Argo Gede dan kereta api Bisnis Eksekutif Parahyangan, yang telah dihentikan pengoprasiannya. KA Argo Parahyangan pertama kali dioperasikan pada Selasa, 27 April 2010 pada pkl. 05.30 WIB di Stasiun Bandung (BD) dan pkl 05.45 WIB di Stasiun Gambir (GMR).
Kereta api Argo Parahyangan merupakan hasil respon PT. Kereta Api Indonesia (Persero) atas kekecewaan masyarakat karena diberhentikannya pengoprasian kereta api Parahyangan. Jadi PT. KAI (Persero) menggabungkan kereta api Parahyangan bersama rangkaian kereta api Argo Gede. Jadi rangkaian kereta kelas bisnis bekas kereta api Parahyangan disambungkan di ketera depan kereta api Argo Gede. Tetapi masyarakat tidak mau nama 'Parahyangan' itu ditiadakan. Akhirnya, PT. KAI (Persero) menggabungkan nama Argo Gede dan Parahyangan menjadi Argo Parahyangan (Argo Gede + Parahyangan = Argo Parahyangan). KA Argo Parahyangan menyediakan layanan kelas eksekutif argo yang memiliki pendingin udara (AC) dengan menggunakan kereta bekas kereta api Argo Gede dan kelas bisnis tanpa pendingin udara dengan menggunakan rangkaian kereta bekas kereta api Parahyangan.
KA Argo Parahyangan beroperasi setiap harinya sekitar 6 kali pada hari biasa dan 7 kali pada akhir pekan dan libur. Perjalanan Jakarta - Bandung sepanjang ± 173 km menelusuri alam pegunungan Priangan Bagian Barat ditempuh kereta api ini dengan waktu tempuh rata-rata 3 jam 15 menit. Rangkaian Kereta Api Argo Parahyangan terdiri dari 2-3 kereta kelas bisnis bekas kereta api Parahyangan (K2), 1 Kereta Makan bekas kereta api Argo Gede (KM1), 3-4 kereta kelas eksekutif argo bekas kereta api Argo Gede (K1), dan 1 Kereta Bagasi Pembangkit (BP) bekas kereta api Argo Gede. Kereta api ini menggantikan kereta api Parahyangan dan kereta api Argo Gede yang sebelumnya sudah beroprasi terlebih dahulu di jalur Bandung (BD)-Jakarta (GMR) selama 39 tahun (kereta api Parahyangan) dan 15 tahun (kereta api Argo Gede). Namun sejak tanggal 30 Desember 2011 K2-nya Dihilangkan sehingga kereta api Argo Parahyangan menjadi kereta api Eksekutif seluruhnya (meskipun di berberapa pemerjalananya masih ditambah K2.)

[sunting]Jadwal

[sunting]Jurusan Bandung (BD)- Jakarta (GMR)

PLB 7035 04:00-06:50 (berjalan tiap hari Senin)
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000
KA 19 05:00-08:01
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 21 06:30-09:34
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
PLB 7037 08:45-11:43 (berjalan tiap hari Sabtu-Minggu, berhenti di Stasiun Purwakarta)
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000
KA 23 12:00-14:57
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 25 14:30-17:22 (tidak berhenti di Stasiun Cimahi)
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 27 16:30-19:34
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 29 19:50-22:49 (tidak berhenti di Stasiun Cimahi)
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)

[sunting]Jurusan Jakarta (GMR) - Bandung (BD)

KA 20 05:55-09:01 (berhenti di Stasiun Purwakarta)
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
PLB 7036 07:15-10:05 (berjalan tiap hari Senin)
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000
KA 22 08:25-11:24
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 24 10:35-13:46
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
PLB 7038 12:25-15:22 (berjalan tiap hari Sabtu-Minggu, berhenti di Stasiun Padalarang, berjalan langsung di Stasiun Cimahi)
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000
KA 26 15:50-19:02
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 28 17:50-20:44 (tidak berhenti di Stasiun Cimahi)
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
KA 30 20:25-23:25 (tidak berhenti di Stasiun Cimahi)
BIS Rp. 45.000
EKSA Rp. 80.000 (week-end)
EKSA Rp. 60.000 (week-day)
INFORMASI
EXA / EKSA : Executive (Eksekutif)
BIS : Bisnis
COM : Compartment
KM1 / KM2 : Kereta Makan
EKO : Ekonomi
BALI/TORA/NUS : Kereta Wisata

KERETA API ARGO BROMO ANGGREK

KERETA API ARGO BROMO ANGGREK

Kereta api Argo Bromo AnggrekJS9501.jpg
Kereta api Argo Bromo Anggrek adalah kereta api kelas eksekutif argo tertinggi yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia Persero di Pulau Jawa dengan jurusan Stasiun Gambir (GMR) dari dan ke Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI)
Kereta api Argo Bromo Anggrek merupakan kereta api yang terkenal dengan satu-satunya rangkaian kereta yang memiliki Kereta Spesial dengan Bogie K9 dan merupakan kebanggaan Daop VII Surabaya. Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 725 km selama 9 jam. Kereta api Argo Bromo Anggrek membawa 5-7 rangkaian kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek dan sepanjang perjalanan kereta api Argo Bromo Anggrek hanya berhenti di Semarang Tawang,Pekalongan (untuk perjalanan pada pagi hari), dan Stasiun Cirebon.
Pengoperasian
Etimologi
Fasilitas
Insiden
  • Pada tahun 2005, sebuah kereta makan kereta api Argo Bromo Anggrek ludes terbakar.
  • Kereta api Argo Bromo Anggrek menabrak kereta api Senja Utama Semarang pada pukul 03.00 WIB di Stasiun Petarukan, Jawa tengah. Kereta 6 dan 9 hancur berantakan. Jumlah korban 33 tewas, 26 luka parah. Penyebab terjadinya kecelakaan masih dalam penyelidikan.
  • Tanggal 16 Desember 2010, Kereta api Argo Bromo Anggrek menabrak pelajar sekitar pukul 10.00 di Desa Dengok, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 3 Tewas.
  • Tanggal 16 November 2012, Kereta api Argo Bromo Anggrek anjlok di dekat Stasiun Bulukamba, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Jalur utara tersendat, beberapa kereta dialihkan lewat jalur Cirebon-Prupuk. KA Argo Bromo Anggrek anjlok di desa Pebatan,Wanasari,Brebes

Kereta api Argo Bromo Anggrek mulai dioperasikan pada tanggal 24 September 1997. Produk ini merupakan pengembangan dari Kereta Api Argo Bromo JS-950 yang diresmikan pertama kali perjalanannya oleh Presiden RI pada tanggal 31 Juli 1995 menandai Hari Teknologi Nasional 12 Agustus 1995.
Dalam Perkembangannya, kereta api ini hanya berhenti di stasiun Cirebon dan Semarang Tawang. Dari Jakarta Gambir, kereta api ini diberangkatkan jam 09.30 dan 21.30 serta sampai di Stasiun Surabaya Pasar Turi jam 19.11 dan 07.11, sedangkan dari Stasiun Pasar Turi, kereta api ini diberangkatkan jam 08.10 dan 20.10 dan sammpai di Stasiun Jakarta Gambir jam 17.41 dan 05.41.

[sunting]

Nama Argo Bromo diambil dari nama gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Panorama Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 m ini selain menyimpan makna ritual kultural dan religius juga menyajikan keindahan kawah dan keasrian alam lingkungannya yang membuat kawasan Gunung Bromo menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama turis domestik maupun mancanegara. Sebutan Anggrek digunakan untuk menandai adanya derivative merk dari produk sebelumnya, sehingga warna eksterior kereta tersebut disesuaikan dengan paduan warna setangkai Bunga Anggrek

[sunting]

Kereta api Argo Bromo Anggrek menyediakan sarana hiburan selama dalam perjalanan berupa tayangan audio/Video (Show On Rail). Selain sarana hiburan penumpang dapat juga memesan makanan dan minuman sesuai dengan menu pilihan yang disediakan dan bisa dinikmati baik di tempat duduk masing-masing maupun di kereta restorasi yang didesain sebagai mini bar yang dilengkapi dengan fasilitas untuk berkaraoke. Semua ini sengaja didesain untuk membuat penumpang seolah-olah berada di dalam hotel berjalan, sehingga perjalanan bersama Argo Bromo Anggrek diharapkan dapat menghemat biaya akomodasi hotel dan setibanya di tujuan dalam kondisi yang segar.
Sejak Desember 2010, rangkaian kereta api Argo Bromo Anggrek diganti dengan rangkaian Kereta Api Sembrani kelas eksekutif (seperti) pesawat dan kereta api lain kelas eksekutif argo standar (K1) karena rangkaian kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (K9) yang mana warna eksteriornya putih bergaris ungu sedang direnovasi di INKA Madiun. Saat ini rangkaian kereta kereta api Argo Bromo Anggrek memiliki eksterior putih dan bergaris hijau sepanjang rangkaian dan di bagian samping bodinya ada tulisan 'GO GREEN'. Rangkaian ini sebagian besar sudah selesai di INKA Madiun, dan nanti akan siap menghiasi panorama alam Pulau Jawa bagian utara. Namun dalam pengoperasiannya, rangkaian GO GREEN ini kadang bermasalah dan rusak sehingga membuat Kereta Api Argo Bromo Anggrek mempunyai okupansi yang rendah.
Rangkaian kereta api Argo Bromo Anggrek terdiri dari 5-7 kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (K9), 1 kereta makan kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (KM), dan 1 kereta pembangkit (P). Dahulu di kereta ini ada yang bernama kereta KZ. Kereta ini cukup mewah di masanya. Sayangnya, kereta ini dihilangkan karena rendahnya okupansi.

[sunting]

Karena seringnya terjadi kecelakaan, maka seluruh kereta Argo Bromo Anggrek ditarik untuk perbaikan dan diganti dengan kereta eksekutif lainnya yang mayoritas eks kereta-kereta JS950

Gallery
   

  

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

Blogger templates

SELAMAT DATANG DI BLOG SI "RAILFANS" HILAL RIFAI

Blogger news

Musik